Berita Terkini

Rapat Dengar Pendapat (Audiensi)
11-05-2018 15:49

Ketua DPRD Setuju Raperda Perlindungan PRT Masuk Dalam Propemperda

Menindaklanjuti Konsultasi Publik terkait Finalisasi pembahasan Draf Nol Naskah Akademik (NA) Raperda Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT) beberapa waktu sebelumnya, Jum’at 11 Mei 2017 DPRD Kabupaten Malang  menggelar Audiensi bersama dengan LPKP (Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan Dan Pembangunan)  Jawa Timur bersama dengan akademisi dan beberapa  PRT yang tergabung dalam kelompok Anggrek Maya.

Audiensi langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang Drs. Hari sasongko, setelah menerima pemaparan dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD menyambut baik dan menyatakan setuju Raperda Perlindungan PRT dibahas lebih lanjut dan dimasukkan dalam Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Kabupaten Malang. “Pada dasarnya saya setuju usulan Raperda Perlindungan PRT untuk dibahas lebih lanjut, pembahasan bisa dimasukkan dalam perubahan Propemperda tahun 2018, “ tutur Ketua DPRD. “Harapannya Peraturan Daerah itu nantinya bisa melindungi bukan hanya bagi para pekerja, akan tetapi sekaligus memberikan perlindungan bagi majikan, “ tambahnya.

Sementara itu dalam memaparannya Suti’ah PM LPKP Jawa Timur menjelaskan bahwa pihaknya selama kurang lebih dua tahun mengorganisir PRT se- Malang Raya dan melakukan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi melalui sekolah PRT, dari berbagai kegiatan itu pihaknya mecoba melaksanakan advoakasi kebijakan dengan membahas Draf Nol Raperda Perlidungan PRT, salah satu alasannya adalah bahwa regulasi tingkat nasional (Undang-Undang) belum ada yang mengatur perlindungan PRT dan jumlah PRT dari Kabupaten Malang cukup besar. “ Harapannya apa yang kami inisiasi bersama ini bisa menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Malang dalam perlindungan PRT, “ jelas Suti’ah.

Selanjuntya dia berharap nantinya Raperda bisa diusulkan oleh dewan (inisiatif DPRD) atau bisa dari Pemerintah Kabupaten Malang  melalui Dinas Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Dinas Tenaga Kerja.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Komisi II Kusmantoro Widodo bersama beberapa anggota Komisi II, Ketua LPKP Jawa Timur Anwar Sholihin, di akhir kegitan dilaksanakan penyerahan Naskah Draf Nol Raperda dari LPKP Jawa Timur kepada Ketua DPRD.(a6)