Berita Terkini

Kunjungan Kerja Komisi III
20-03-2018 15:30

Komisi III Dukung Pengembangan BPR Artha Kanjuruhan

Sarankan Buka Cabang Di Tiap Kecamatan

 

PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Arta Kanjuruhan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten Malang yang cukup eksis sampai saat ini, keberadaan BPR Arka (singk Artha Kanjuruhan) mendapatkan dukungan Komisi III untuk dikembangkan lagi sehingga dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Malang itu sendiri.

Dalam rangka monitoring keuangan Tahun 2017 dan target di Tahun 2018, Selasa 20 Maret 2018 Komisi III melaksanakan kunjungan dan rapat kerja dengan direksi BPR Arka,  Muslimin, S.Pd Ketua Komisi III berharap ada terobosan-terobosan sehingga BPR Arka bisa berkembang menjadi besar, menjadi Bank kebanggaan masyarakat Kabupaten Malang layaknya Bank Jatim milik propinsi. “Selain memberikan pinjaman dan kredit kepada masyarakat, saya berharap nantinya transaksi keuangan Pemerintah Kabupaten Malang melalui Bank Arka ini, “ tutur Muslimin.  

Dalam kesempatan itu Direktur Utama BPR Arka H. Ramelan menyambut baik support yang diberikan oleh para wakil rakyat, dijelaskannya bahwa BPR Arka menunjukkan trend perkembangan yang positip, saat ini telah memiliki 8 kantor perwakilan di 8 kecamatan, saham milik Pemerintah Kabupaten Malang sebesar 96,8 %, total asset tahun 2017 sebesar 40,1 Miliar dengan laba sebesar 1, 103 Miliar, dengan CAR 49,4% termasuk kategori bank sehat.

Ditambahkannya selain memberikan kredit tanpa jaminan untuk PKL di beberapa pasar, saat ini pihakknya juga sedang bekerjasana dengan Bank Danamon untuk membuat Aplikasi Teknologi. “Harapannya dengan teknologi ini kami bisa menerima jasa pengiriman uang ke seluruh Indonesia, “ jelasnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Komisi III Yoyok Pandan Hariyoto, S.Sos menyarankan BPR Arka membuka cabang di tiap kecamatan agar bisa menyalurkan kredit khusunya untuk masyarakat misalnya untuk pedagang pasar tradisional, untuk langkah awal minimal 50 % dari total kecamatan di seluruh Kabupaten Malang, selanjutnya dia juga berharap Bank Arka bisa menyalurkan gaji PNS Kabupaten Malang. (a6)