Berita Terkini

Kunjungan Kerja Komisi III
10-01-2018 14:46

Belajar Mengenal Sejarah dan Budaya Jawa Di Museum Panji

Kabupaten Malang saat ini mempunyai satu lagi destinasi pariwisata yang perlu dikunjungi yakni Museum Panji, terletak di Desa Slamet Kecamatan Tumpang, keberadaan Museum Panji memang belum dikenal luas oleh masyarakat, namun keberadaanya bisa menambah koleksi destinasi pariwisata dengan harapan dapat mendongkrak sektor pariwisata baik wisatawan lokal mupun manca negara, dengan berkunjung ke Museum Panji masyarakat bisa lebih mengenal sejarah dan budaya khususnya budaya jawa.

Komisi III DPRD Kabupaten Malang Selasa 9 Januari 2018 melaksanakan kunjungan Museum Panji, adapun tujuan kunker tersebut adalah disamping melihat secara langsung juga untuk melihat potensi wisata dan budaya di Museum Panji, dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Drs. Hari Sasongko juga turut mendampingi Komisi III.

Pengelola Museum Dwi Cahyono menjelaskan bahwa Museum Panji didirikan oleh Yayasan Inggil, ide atau gagasan pendirian museum sudah dirintis kurang lebih 10 Tahun, namun baru terealisasi pada tahun 2017, menurutnya museum Panji merupakan sarana edukasi yang menawarkan koleksi kebudayaan dan kearifan lokal negara Indonesia yakni Budaya Panji. Berdiri di atas  lahan seluas 3 ha,  bangunannya mengadopsi replika candi di jawa dilengkapi tiga buah kolam renang yang mengambarkan petirtaan jaman dahulu.

“Konsep pendirian Museum ini adalah untuk memperkenalkan budaya panji yang merupakan budaya leluhur sejak jaman kerajaan majapahit dan merupakan cikal bakal budaya nusanatara serta berdirinya negara Indonesia, “ tuturnya. Ditambahkannya bahwa Panji Center sudah banyak dikembangkan oleh bangsa lain, salah satunya ada di negara Jerman sehingga perlu dikembangkan oleh bangsa Indonesia sebagai pemilik asli budaya panji.

 

Koleksi yang dimiliki museum panji antara lain wayang dari berbagai masa, topeng malangan, patung bahkan golek atau (boneka) yang terkenal di jaman dahulu serta diorama. Meskipun kebanyakan adalah replika, namun tetap saja sudah dapat merepresentasikan kebudayaan atau kehidupan nenek moyang kita di Indonesia khususnya pulau jawa jaman dulu, selain itu terdapat benda-benda  peninggalan yang berkaitan dengan keberadaan Kabupaten Malang, saat ini masih terus berbenah kdan menambah koleksi.

Ketua DPRD bersama dengan Anggota Komisi III tampak sangat antusias menjelajahi museum serta menerima penjelasan dari pengelola, harapannya perlu dikelola secara professional agar Meseum Panji bisa menjadi museum berskala nasional, kegiatan atau even-even budaya ditempatkan di museum ini. (a6)