Berita Terkini

Kunjungan Kerja Komisi B
31-10-2017 08:29

Pengurusan BPJS di Kecamatan Masih Butuh Sosialisasi

Berbagai inovasi dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses terutama yang ingin mendaftarkan menjadi menjadi peserta BPJS, salah salah satunya melalui drop box yang ditempatkan di tiap-tiap kantor kecamatan. Namun demikian, belum banyak masyarakat mengetahui hal tersebut, sehingga  pengurusan BPJS di kantor kecamatan masih butuh sosialisasi.

Dalam rangka implementasi pelaksanaan pelayanan mengurus peserta  BPJS Kesehatan di kantor kecamatan, Senin 30/10 Komisi B melaksanakan sidak (inspeksi mendadak) bersama Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Malang di kecamatan Pakis. “Kami sengaja melaksanakan sidak bukan berarti melaksanakan pemeriksaan, tetapi untuk lebih mengetahui peran serta kecamatan dalam mendukung pendaftaran peserta BPJS Kesehatan serta kendala-kendala yang dihadapi, “ ungkap Wakil Ketua Komisi B Drs. Muhamad Fauzi, M.Ag.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Kesos Kecamatan Pakis Drs. Samsul Hadi mengakui memang sedikit masyarakat yang mendaftarkan, sejak drop box dipasang, tercatat baru 5 (lima) orang yang memanfaatkan untuk mendaftarkan di kantor kecamatan Pakis.

Sementara itu Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Malang Susanto menjelaskan drop box yang ada di kantor kecamatan telah dilengkapi formulir pendataran, mekanismenya calon peserta tinggal mengisi formulir yang disediakan, setelah diisi secara lengkap tinggal dimasukkan ke drop box, secara berkala petugas dari BPJS Kesehatan akan mengambil dan memprosesnya, dengan demikian masyarakat tidak perlu jauh-jauh dan antri mengurus di Kantor BPJS Kesehatan di Kepanjen, “ Kami selalu all out memberikan edukasi kepada masyarakat, kemudahan ini kami lakukan untuk menjangkau masyarakat ada di pelosok, karena petugas BPJS Kesehatan jumlahnya terbatas, sosialisasi dari pemerintah akan lebih efektif, “ jelasnya.

Terkait dengan minimnya masyarakat yang memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kersehatan, Komisi B menghimbau pihak Kecamatan Pakis membuat surat edaran kepada kepala desa untuk melaksanakan sosialisasi khususnya kepada masyarakat miskin Penerima bantuan Iuran (PBI), mengingat pentingnya kepesertaan BPJS Kesehatan, pasalnya banyak kasus yang terjadi, masyarakat baru mengurus kartu peserta BPJS Kesehatan pada saat mereka sakit. (a6)