Berita Terkini

Kegiatan Komisi
10-10-2017 08:25

Kartika Kencana Merupakan Salah Satu Kopwan Terbaik di Kabupaten Malang

Komisi B  bersama Dinas Koperasi dan UMKM Senin 9/10 melaksanakan monitoring perkembangan Kopwan (Keperasi Wanita) di Kecamatan Wonosari, Komisi B DPRD Kabupaten Malang sebagai mitra dari Dinas Koperasi dan UMKM terus berupaya memantau dan memajukan Kopwan sebagai penggerak ekonomi kerakyataan di pedesaan,

Saat ini,  keberadaan kopwan di Kabupaten Malang semakin menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan, salah satunya adalah Kopwan Kartika Kencana di Desa Kebobang Kecamatan Wonosari, bahkan Kopwan Kartika Kencana merupakan salah satu kopwan terbaik di Kabupaten Malang.

Dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi B Drs. M Fauzi, M.Ag, Kepala Desa Wonosari Mujiati bersama pengurus dan Anggota Kopwan Kartika Kencana melaksanakan dialog bersama dengan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Dra, Made Dwi Anggreini, banyak masukan dan saran dalam dialog yang dilaksanakan dalan aula kantor desa setempat, menurut Kepala Desa Kebobang bahwa asset kopwan Kartika Kencana mencapai 1 Miliar lebih dari modal awal 100 juta rupiah yang merupakan bantuan dana hibah dari propinsi dan kementerian. “ Kopwan Kartika Kencana didirikan pada tahun 2009 dengan modal awal 25 juta dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan jumlah anggota 20 orang, kemudian ditambah 25 juta dan 50 juta dari kementerian, “ jelas Mujiati.

Wakil Ketua Komisi B mengapresiasi positif perkembangan Kopwan Kartikan Kencana, pasalnya masih banyak kopwan yang belum berkembang bahkan ada yang gulung tikar. Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Dra, Made Dwi Anggreini menyarankan untuk terus menggalakkan sektor riel melalui usaha produk-produk unggulan, bukan hanya bergerak usaha simpan pinjam, pihaknya juga siap mendukung setiap baik berupa bimbingan maupun pemesaran produk-produk yang dihasilkan oleh kopwan, melalui klinik UMKM dan PLUD. (a6)